11/16/2008 | Author: admin

Serba-serbi Sekolah Pra Nikah


Latar Belakang
Keluarga merupakan unit organisasi terkecil di dalam masyarakat. Baik buruknya masyarakat akan tergantung pada baik buruknya keluarga yang menjadi unit penyusunnya. Lebih jauh lagi, baiknya sebuah keluarga tergantung kepada kualitas dan persiapan individu yang menyusunnya.

Maraknya kasus perceraian dan kekerasan dalam rumah tangga belakangan ini menyebabkan banyaknya keluarga yang kehilangan keutuhannya. Hal ini merupakan salah satu penyebab runtuhnya sendi – sendi dalam masyarakat.
Apabila ditinjau lebih jauh, ada sebuah hal mendasar yang menjadi penyebab maraknya kasus-kasus perceraian dan kekerasan dalam rumah tangga, yakni kurangnya atau bahkan tidak adanya pemahaman agama yang utuh pada individu yang menjalankan tatanan rumah tangga.

Lembaga Muslimah Salman ITB, sebagai lembaga yang memiliki fokus perhatian pada pemberdayaan keluarga dan pernak-perniknya bermaksud menyelen ggarakan sebuah pelatihan/sekolah pranikah yang memfasilitasi masyarakat dalam memperoleh edukasi terkait dengan penyiapan pernikahan.

Visi
Mempersiapkan keluarga sakinah mawaddah wa rahmah menuju tegaknya peradaban Islam

Misi
1. Membangun visi yang shahih tentang keluarga sakinah mawaddah warahmah
2. Memberikan edukasi dan pelatihan kepada peserta seputar persiapan pranikah
3. Melaksanakan propaganda kepada masyarakat terkait urgensi persiapan pranikah
4. Menjalin kerjasama dengan pihak Kantor Urusan Agama dalam hal penyelenggaraan kursus pranikah

|
This entry was posted on 11/16/2008 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.